Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Humaeroh, Siti (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Sriamur 01 Pada Materi Siklus Air. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615088_Siti Humaeroh_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615088_Siti Humaeroh_BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
201810615088_Siti Humaeroh_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
201810615088_Siti Humaeroh_BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
201810615088_Siti Humaeroh_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
201810615088_Siti Humaeroh_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa kelas V SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi pada materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu Guru Kelas V dan siswa kelas V SDN Sriamur 01. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 34 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes Kemampuan Berpikir Kritis IPA siswa di SD berupa soal pilihan esai, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa Sekolah Dasar pada materi siklus air. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran Guided Inquiry yaitu 86,32, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 82,35.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:51
Last Modified: 26 Dec 2023 17:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year