Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Putri, Khalisha Shafira (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Sikap Iliah Siswa kelas V pada Materi Perubahan Sifat Benda SDN Sumberjaya 05. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615060_Shafira Khalisha Putri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201910615060_Shafira Khalisha Putri_BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
201910615060_Shafira Khalisha Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615060_Shafira Khalisha Putri_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
201910615060_Shafira Khalisha Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
201910615060_Shafira Khalisha Putri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pasifnya kegiatan belajar mengajar hingga menimbulkan kurangnya ketertarikan dan keaktifan siswa saat pembelajaran merupakan salah satu kendala dalam pembelajaran IPA yang ditimbulkan akibat minimnya sikap ilmiah dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk pengaruh pada model pembelajaran Guided Inquiry terhadap sikap ilmiah siswa kelas V pada materi perubahan sifat benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Experimental design dengan menggunakan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini kelas eksperimen berjumlah 33 siswa sedangkan kelas kontrol 32 siswa. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan non tes berupa angket sikap ilmiah dan lembar observasi sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis inferensial dengan melakakukan uji hipotesis menggunakan uji statistik uji-t, dengan taraf signifikansi 5% = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa kelas V pada materi perubahan sifat benda. Hal ini ditunjukan pada hasil rata-rata nilai angket kelas eksperimen setelah diberi perlakuan pembelajaran Guided Inquiry yaitu 87 dan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 77. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:52
Last Modified: 27 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25340

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year