Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Kubro, Soraya Khodijatul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615090_Soraya Khodijatul Kubro_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201910615090_Soraya Khodijatul Kubro_BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
201910615090_Soraya Khodijatul Kubro_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
201910615090_Soraya Khodijatul Kubro_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
201910615090_Soraya Khodijatul Kubro_Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB)
[img] Text
201910615090_Soraya Khodijatul Kubro_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Bojong Rawalumbu IX pada materi Indonesiaku Kaya Budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu Guru kelas IV dan Siswa kelas IV SDN Bojong Rawalumbu IX. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 35 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes kemampuan berpikir kritis IPS siswa di SD berupa soal pilihan essay dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik Uji-T, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan Teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi Indonesiaku Kaya Budaya. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran STAD yaitu 89.02, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 82.00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:52
Last Modified: 27 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year