Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Maulidya, Tanzila Rivandi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas IV Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan SDN Jatibening Baru 1. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615025_Tanzila Rivandi Maulidya_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (743kB)
[img] Text
201910615025_Tanzila Rivandi Maulidya_BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
201910615025_Tanzila Rivandi Maulidya_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615025_Tanzila Rivandi Maulidya_BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
201910615025_Tanzila Rivandi Maulidya_Daftar pustaka.pdf

Download (322kB)
[img] Text
201910615025_Tanzila Rivandi Maulidya_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas IV materi struktur dan fungsi tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah Quasi Eksperimental Desain, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji N-Gain dan uji-T. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,32 dan nilai ratarata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,10 dan hasil analisis uji hipotesis menggunakan paired sample test, diperoleh nilai Sig. = 0.000, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan jika uji hipotesis nilai probabilitas signifikansi < 0.05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari perhitungan tersebut adalah terdapat peningkatan terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas IV dalam proses pembelajaran, hal ini juga menunjukkan bahwa aplikasi model pembelajaran Learning Cycle 5E memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas IV dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:52
Last Modified: 27 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25344

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year