Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Nisa, Khoirrun (2023) Analisis Perencanaan Kampanye Sosial Melalui Media Sosial pada Akun Instagram @daur.id. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810415234_Khoirrun Nisa_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201810415234_Khoirrun Nisa_BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
201810415234_Khoirrun Nisa_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
201810415234_Khoirrun Nisa_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
201810415234_Khoirrun Nisa_Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
201810415234_Khoirrun Nisa_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kampanye adalah serangkaian tindakan komunikasi yang terencana yang bertujuan untuk menciptakan efek tertentu kepada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Pada penelitian ini, kampanye yang dijalankan termasuk kepada jenis kampanye yang dijalankan dengan merujuk pada perubahan sikap dan perilaku sosial. Perencanaan kampanye merupakan hal penting yang perlu untuk dilakukan sebelum menjalankan kampanye, hal ini dinilai penting karena kampanye perlu dipersiapkan dan direncanakan dengan matang agar tujuan dari kampanye tersebut tercapai dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Tahapan proses perencanaan kampanye dibagi menjadi tujuh, antara lain yaitu: analisis masalah, penyusunan tujuan, identifikasi masalah, menentukan pesan, strategi dan taktik, alokasi waktu dan sumber daya, lalu yang terakhir evaluasi dan tinjauan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tahapan perencanaan kampanye sosial pada akun Instagram @daur.id. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa Daur.id dalam menjalankan tahapan analisis masalah, penyusunan tujuan, identifikasi dan segmentasi sasaran, menentukan pesan, alokasi waktu dan sumber daya, dan evaluasi dan tinjauan telah dijalankan dengan cukup baik, akan tetapi terdapat satu tahapan yaitu tahapan strategi dan taktik Daur.id yang terbilang lemah, temuan menunjukkan pembuatan konten unggahan pada media sosial tidak diberikan perhatian penuh, Daur.id melewatkan beberapa hal yang dapat dilakukan dan menjadikan hal tersebut sebagai strategi dan taktik dalam menyukseskan kampanye

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:35
Last Modified: 26 Feb 2024 05:35
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27610

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year