Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Stefanny, Jovanca (2023) Implementasi RPIE dalam Pengembangan Public Awareness melalui Instagram Oleh Public Relations HOPE Worldwide Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415020_Jovanca stefanny_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201910415020_Jovanca stefanny_BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
201910415020_Jovanca stefanny_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910415020_Jovanca stefanny_BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
201910415020_Jovanca stefanny_Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB)
[img] Text
201910415020_Jovanca stefanny_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi konsep RPIE pada peran PR untuk melakukan pengembangan public awareness melalui Instagram organisasi HOPE Worldwide Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lalu, data dianalisis melalui teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, deskripsi data, verifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PR dalam pengembangan public awareness melalui pemanfaatan Instagram dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu 1) penelitian yaitu mencari tahu target audiens dengan fitur insight dan meriset yang digunakan untuk pembuatan postingan pakai hashtag sejenis SDG dan melihat tren yang ada, 2) perencanaan yaitu PR memiliki SOP, mempunyai alur kerja dalam pembuatan konten serta menggunakan media digital untuk mengembangkan kesadaran publik lebih luas lagi, 3) implementasi yaitu humas menggunakan platform Instagram dan mengaktifkan semua fiturnya, memiliki pesan inti yang berbeda dari setiap konten yang memiliki sifat relateable, mengaplikasikan SOP dalam postingan hingga pengemasan konten dengan baik, 4) evaluasi yaitu PR HOPE Worldwide Indonesia melakukan peninjauan mengenai kinerja yang sudah mereka lakukan untuk menaikkan kesadaran publik, mencari data dengan melihat insight Instagram, melihat dan merasakan perubahan serta dampak yang terjadi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:51
Last Modified: 25 Mar 2024 04:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28244

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year