Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Marbun, Roma Ria Boru (2020) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Adversity Quotient Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610515180_Roma Ria Boru Marbun_Cover - daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201610515180_Roma Ria Boru Marbun_BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
201610515180_Roma Ria Boru Marbun_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text
201610515180_Roma Ria Boru Marbun_BBA V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
201610515180_Roma Ria Boru Marbun_Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
201610515180_Roma Ria Boru Marbun_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tugas akhir perkuliahan ialah sebagai syarat bagi mahasiswa untuk lulus menyelesaikan jenjang pendidikan strata satu. Permasalahan yang timbul dari penyelesaian tugas akhir yaitu ketidakpamaham mahasiswa untuk mulai menyusun skripsi sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan skripsi dan naik turunnya motivasi belajar mahasiswa untuk memahami cara penyusunan dan penyelesaian skripsi. Salah satu faktor yang mempengaruhi Adversity Quotient adalah faktor kemauan yang termasuk kedalam Motivasi Belajar, dimana Adversity Quotient dapat mengalami penurunan atau kenaikan karena motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Motivasi belajar dengan Adversity Quotient pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Bhayangkara Jakarta. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Purposive Sampling dengan sampel penelitian sebanyak 104 subjek. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi antara motivasi belajar dengan Adversity Quotient sebesar r = 0,584 dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan Adversity Quotient. Semakin tinggi Adversity Quotient maka semakin tinggi Motivasi Belajar begitupun sebaliknya. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti faktor lain yang memiliki hubungan dengan Adversity Quotient di Universitas Bhayangkara seperti faktor keyakinan dan karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:01
Last Modified: 27 Apr 2023 08:01
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/20709

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year