Isvanrian, Sari Nalu Rita (2023) Hubungan Penyesuaian Diri dengan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI di SMAN 3 Tambun Selatan Pasca Pandemi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910515162_Sari Nalu Rita Isvanrian_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
201910515162_Sari Nalu Rita Isvanrian_BAB I.pdf - Published Version Download (534kB) |
|
Text
201910515162_Sari Nalu Rita Isvanrian_BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text
201910515162_Sari Nalu Rita Isvanrian_BAB V.pdf - Published Version Download (383kB) |
|
Text
201910515162_Sari Nalu Rita Isvanrian_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text
201910515162_Sari Nalu Rita Isvanrian_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dua tahun setelah kasus covid menurun pemerintah menurunkan kebijakan PTM yang direalisasikan pada seluruh jenjang pendidikan termasuk SMA. Pasca pandemi ini siswa kembali belajar secara langsung di sekoah. Perubahan ini membuat siswa sulit untuk beradaptasi. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan self regulated learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sebanyak 136 responden kelas XI yang pernah belajar online di rumah dilibatkan dalam penelitian ini, yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan instrument skala penyesuaian diri yang diadaptasi dari Schneiders, instrument skala self regulated learning yang diadaptasi dari Zimmerman. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson product moment. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dengan self regulated learning siswa kelas XI. Dengan begitu, mengartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan pengambilan data dengan seluruh tingkat kelas responden menggunakan teknik probability sampling, memperhatikan waktu pengambilan datanya, memperpendek rentan waktu pengambilan data awal dengan data penyebaran kuesioner (hasil), kemudian memperhatikan penyusun aitem dengan pernyataan yang tidak menimbulkan bias dan juga mengambil data dari guru agar mendapat kan data yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Sandra Adetya Syarif, M.Psi., Psikolog., Mira Sekar Arumi, M.Psi., Psikolog. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Arif Syamsudin |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 08:44 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 08:44 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24333 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year