Adzani, Tasya Aulia (2023) Hubungan antara Dukungan Sosial dari Teman Sebaya dengan Student Well-Being pada Siswa SMP X di Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910515180_Tasya Aulia Adzani_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
201910515180_Tasya Aulia Adzani_BAB I.pdf - Published Version Download (915kB) |
|
Text
201910515180_Tasya Aulia Adzani_BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
201910515180_Tasya Aulia Adzani_BAB V.pdf - Published Version Download (819kB) |
|
Text
201910515180_Tasya Aulia Adzani_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (925kB) |
|
Text
201910515180_Tasya Aulia Adzani_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Student Well-Being merupakan gambaran yang dirasakan oleh seorang siswa, ketika siswa tersebut mampu memunculkan efek positif terhadap lingkungan sekitarnya dan dapat berfungsi secara efektif di sekolah. Adanya dukungan sosial dari teman sebaya, siswa mendapatkan hubungan positif dan perasaan nyaman, sehingga dapat meningkatkan student well-being dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dari teman sebaya dengan student well-being pada siswa SMP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan subyek sebanyak 100 responden yang terdiri dari tiap tingkatan kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen skala student well-being yang dimodifikasi dari Karyani, dkk., serta instrumen skala dukungan sosial dari teman sebaya yang dimodifikasi dari Sarafino & Smith. Data dalam penelitian ini diuji menggunakan pengujian korelasi pearson product moment. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keempat jenis dukungan sosial dari teman sebaya (emosional, instrumental, informasi, dan persahabatan) dengan student well-being. hubungan antara kedua variabel berada pada arah yang positif, yang artinya jika siswa memperoleh dukungan baik secara emosional, instrumental, informasi, maupun persahabatan yang tinggi, maka student well-being yang dimiliki siswa tersebut tinggi. Dengan begitu, mengartikan bahwa hipotesis alternatif 1 (Ha1), hipotesis alternatif 2 (Ha2), hipotesis alternatif 3 (Ha3) serta hipotesis alternatif 4 (Ha4) diterima. Saran untuk penelitian selanjutnya menelaah kembali kembali mengenai faktor yang terkait dengan variabel tergantung beserta aitemnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ditta Febrieta, S.Psi., M.A., Yulia Fitriani, S.Psi., M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Arif Syamsudin |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:41 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 06:41 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25059 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year