Hasanah, Nidaul (2023) Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Gaya di SDN Wanajaya 03. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
(01910615007_Nidaul Hasanah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
(01910615007_Nidaul Hasanah _BAB I.pdf Download (258kB) |
|
Text
(01910615007_Nidaul Hasanah _BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
(01910615007_Nidaul Hasanah _BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
(01910615007_Nidaul Hasanah _Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) |
|
Text
(01910615007_Nidaul Hasanah _lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa kelas IV D SDN Wanajaya 03. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi gaya di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK menurut Kemmis & Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, 6 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal-soal literasi sains dengan jenis soal yang bervariasi, dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV D SDN Wanajaya 03. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning adalah model yang cocok diaplikasikan dalam pembelajaran IPA materi gaya untuk meningkatkan literasi sains siswa. Rata-rata nilai pada siklus I kemampuan literasi sains adalah 70,625 dengan persentase 50%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa mencapai 81,15 dan persentase niali menjadi 81,25%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kompetensi literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA materi Gaya meningkat. Maka peneliti merekomendasikan untuk menggunakan model pembelajaran discovery learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25323 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year