Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Saputri, Novia Indah (2023) Peningkatan kreativitas menulis puisi berbasis ecopreneurship dengan metode scaffolding pada siswa kelas 5 di SDN Pejuang V. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615022_Novia Indah Saputri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (504kB)
[img] Text
201810615022_Novia Indah Saputri_BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
201810615022_Novia Indah Saputri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615022_Novia Indah Saputri_BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
201810615022_Novia Indah Saputri_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
201810615022_Novia Indah Saputri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan metode scaffolding terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi berbasis ecopreneurship di SDN Pejuang V Kota Bekasi, dan mendeskripsikan penggunaan metode scaffolding terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi berbasis ecopreneurship di SDN Pejuang V Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas V SDN Pejuang V Kota Bekasi. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus untuk melihat perkembangan masing-masing siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (a) guru melakukan kegiatan pembelajaran secara interaktif agar proses kegiatan pembelajaran pada siklus I berjalan dengan baik dan meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik, (b) siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dari aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan kriteria cukup baik kemudian meningkat pada siklus II dengan kriteria baik, (c) dengan menggunakan metode scaffolding yang diterapkan untuk melatih siswa Hal ini terlihat dari siklus I hanya 65% menjadi 87% pada siklus II dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:51
Last Modified: 27 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25325

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year