Saputri, Novia Indah (2023) Peningkatan kreativitas menulis puisi berbasis ecopreneurship dengan metode scaffolding pada siswa kelas 5 di SDN Pejuang V. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615022_Novia Indah Saputri_Cover - Daftar Isi.pdf Download (504kB) |
|
Text
201810615022_Novia Indah Saputri_BAB I.pdf Download (245kB) |
|
Text
201810615022_Novia Indah Saputri_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810615022_Novia Indah Saputri_BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
201810615022_Novia Indah Saputri_Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
201810615022_Novia Indah Saputri_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan metode scaffolding terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi berbasis ecopreneurship di SDN Pejuang V Kota Bekasi, dan mendeskripsikan penggunaan metode scaffolding terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi berbasis ecopreneurship di SDN Pejuang V Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas V SDN Pejuang V Kota Bekasi. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus untuk melihat perkembangan masing-masing siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (a) guru melakukan kegiatan pembelajaran secara interaktif agar proses kegiatan pembelajaran pada siklus I berjalan dengan baik dan meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik, (b) siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dari aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan kriteria cukup baik kemudian meningkat pada siklus II dengan kriteria baik, (c) dengan menggunakan metode scaffolding yang diterapkan untuk melatih siswa Hal ini terlihat dari siklus I hanya 65% menjadi 87% pada siklus II dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25325 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year