Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Widodo, Bambang (2014) Analisis Pengaruh Distribusi, Harga Dan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen (Studi Kasus Slimming Tea PT. Mustika Ratu). Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201330281022_Bambang Widodo_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
201330281022_Bambang Widodo_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201330281022_Bambang Widodo_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (BAB V)
201330281022_Bambang Widodo_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201330281022_Bambang Widodo_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
201330281022_Bambang Widodo_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara variabel distribusi, harga dan promosi terhadap perilaku pembelian konsumen pada produk Slimming Tea, PT Mustika Ratu, sebagai perusahaan yang memproduksi barang-barang kosmetik, obat tradisional, minuman kesehatan dan perawatan kecantikan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 130 konsumen, yang keseluruhannya berdomisili di Jakarta dengan menggunakan metode random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi rank spearman, uji hipotesis t dan uji F Berdasar hasil uji validitas maka semua pernyataan kuesioner terkait distribusi, harga, promosi dan perilaku pembelian konsumen bersifat valid. Kemudian pengujian reliabilitas atas semua kuesioner tersebut pun reliabel. Dengan demikian, uji validitas dan reliabilitas atas kuesioner menjelaskan bahwa pernyataan yang ada valid dan reliabel. Hasil penghitungan korelasi antar variabel dengan menggunakan bantuan Program SPSS 16.0 dapat diketahui bahwa nilai hubungan antara variabel terikat perilaku pembelian konsumen dengan variabel-variabel bebas yaitu (distribusi = 0,852), (harga = 0,927), (promosi = 0,854). Seluruh variabel bebas memiliki korelasi positif terhadap variabel terikat karena mempunyai angka probabilitas (sig. (2 tailed) = 0,000, 0,000 dan 0,000) angka tersebut di bawah 0.05; maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan variable bebas distribusi, harga dan promosi terhadap variabel terikat perilaku pembelian konsumen. Hasil uji hipotesis nilai t hitung untuk variabel bebas distribusi adalah 1.969 lebih besar dari t tabel 1.960 atau sig.0.05 (p = 0.05) artinya variabel ini mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen. Nilai t hitung untuk variabel bebas harga adalah 10.388 lebih besar dari t label 1.960 atau sig. 0.000 (p < 0.05), berarti variabel ini mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen. Nilai t hitung untuk variabel promosi adalah 4.236 lebih besar dari t tabel 1.960 atau sig. 0000 (p < 0,005), artinya variabel ini mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen. Pengaruh signifikan pada distribusi terhadap perilaku pembelian konsumen karena cakupan wilayah distribusi yang menjangkau pasar tradisional dan modern secara massal, baik dilakukan perusahaan sendiri atau pihak ketiga, agen swasta. Adanya pengaruh signifikan harga dikarenakan harga Slimming Tea yang murah, 15.000 per bungkus sehingga konsumen memiliki daya beli lebih untuk memilikinya. Pengaruh signifikan promosi dikarenakan perusahaan melakukan kombinasi antara promosi yang sasarannya semua pihak dan promosi yang sasarannya pihak tertentu. Hal ini untuk menutupi kelemahan dari masing­-masing bentuk promosi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Doni Alfianthoro
Date Deposited: 27 Apr 2021 05:19
Last Modified: 27 Apr 2021 05:19
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year